Selasa, 28 April 2015

TANGGUNG JAWAB

Sebelum saya memulai cerita saya mengenai tanggung jawab,Saya akan menjelaskan sedikit tentang tanggung jawab.

APA ITU TANGGUNG JAWAB?

Tanggung jawab adalah kesadaran manusian akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja.Tanggung Jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.Makin dewasa anak itu maka Tanggung Jawab anak itu pun semakin besar.

Adapun beberapa para ahli yang mengartikan tentang Tanggung Jawab:

1.Friedrich August von Hayek
Pada hakikatnya hanya masing-masing individu yang dapat bertanggungjawab. Hanya mereka yang memikul akibat dari perbuatan mereka. Oleh karenanya, istilah tanggungjawab pribadi atau tanggungjawab sendiri sebenarnya “mubadzir”. Suatu masyarakat yang tidak mengakui bahwa setiap individu mempunyai nilainya sendiri yang berhak diikutinya tidak mampu menghargai martabat individu tersebut dan tidak mampu mengenali hakikat kebebasan.

2.George Bernard Shaw
Orang yang dapat bertanggungjawab terhadap tindakannya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya hanyalah orang yang mengambil keputusan dan bertindak tanpa tekanan dari pihak manapun atau secara bebas.

3.Carl Horber
Orang yang terlibat dalam organisasi-organisai seperti ini adalah mereka yang melaksanakan tanggungjawab pribadi untuk diri sendiri dan orang lain.Semboyan umum semua birokrat adalah perlindungan sebagai ganti tanggung jawab.


Itulah beberapa parah ahli yang menjelaskan mengenai Tanggung Jawab,Selanjutnya saya akan menceritakan tentang pengalaman saya mengenai tanggung jawab.Sebagai anak pertama saya bertanggung jawab terhadap keluarga dan adik-adik saya seperti contoh jika sudah lulus dan mendapatkan kerja saya harus bertanggung jawab membiayai adik-adik saya sekolah sampai lulus dan membiayai hidup mereka agar tidak membebani orang tua saya lagi.

Itu adalah sedikit cerita saya mengenai tanggung jawab semoga bermanfaat buat semua yang membacanya terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar