Sabtu, 18 Januari 2014

LAPORAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK



DESAIN PEMODELAN GRAFIK



MEMBUAT ANIMASI 3D INTERAKTIF MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI BLENDER
Nama              : Andi Arizky S
NPM               : 50411727
Kelas               :3IA07
Jurusan          : Teknik Informatika
Dosen              : Suryadi


 UNIVERSITAS GUNADARMA
TEKNOLOGI INDUSTRI
2014





KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat,sehingga aktifitas hidup yang kita jalani ini selalu membawa keberkahan,baik kehidupan di ala mini,lebih-lebih lagi pada kehidupan akhirat kelak,sehingga cita-cita serta harapan yang kita capai menjadi lebih mudah dan penuh manfaat
Terima kasih sebelum dan sesudahnya saya ucapkan kepada dosen serta teman-teman sekalian yang telah membantu sehingga makalah ini terselesaikan dalam waktu yang ditentukan
Saya menyadari sekali,didalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangannya,baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkosolidasi kepada dosen serta teman-teman sekalian,untuk itu besar harapan jika ada kritik dan saran yang membangun dalam penyusunan laporan ini




Andi Arizky S






 


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1              1.1 Latar Belakang
Desain grafik sendiri di era teknologi yang maju sangat pesat seperti sekarang sangat di butuhkan karna sangat membantu, Desain Pemodelan grafis dalam perkembangannya disebut dengan CG,dimana dapat berinteraksi dengan mudah antara manusia dengan computer.Di era teknologi yang berkembang  sangat pesat desain grafik juga sangat berpengaruh dalam pendesaian animasi untuk game dan perfilman
Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan,serta tugas-tugas makalah.Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis atau CG.Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi antara lain : untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D.Salah satu aplikasi yang banyak juga digunakan dalam desain pemodelan grafik yaitu Blender.
Pada Kesempatan ini saya akan menggunakan aplikasi blender untuk merancang sebuah desain animasi 3D interaktif karena aplikasi Blender ini merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation yang dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya. Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks dan ada juga Cycles render.Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.







1.1             1.2 Tujuan
Tujuan dari penulisan ini adalah membuat desain animasi 3D interaktif sebagai suatu syarat dalam menyelesaikan mata kuliah softskill desain permodelan grafik
1.2              1.3 Batasan Masalah
Masalah yang akan dibahas didalam laporan ini adalah bagaimana cara membuat desain permodelan grafis interaktif dengan menggunakan aplikasi blender
1.3             1.4  Metode Penilitian
Penelitian dilakukan dengan cara menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan membaca dan mencari buku serta artikel yang berkaitan dengan animasi 3d interaktif.

1.2    














BAB 2
LANDASAN TEORI

2.1       Bahasa Pemrograman
            Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode.Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.
Python mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya; namun tidak dibatasi; pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Salah satu fitur yang tersedia pada python adalah sebagai bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis. Seperti halnya pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, python umumnya digunakan sebagai bahasa skrip meski pada praktiknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks pemanfaatan yang umumnya tidak dilakukan dengan menggunakan bahasa skrip. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.
Python didistribusikan dengan beberapa lisensi yang berbeda dari beberapa versi. Lihat sejarahnya di Python Copyright. Namun pada prinsipnya Python dapat diperoleh dan dipergunakan secara bebas, bahkan untuk kepentingan komersial. Lisensi Python tidak bertentangan baik menurut definisi Open Source maupun General Public License (GPL)
           





2.2       Gambaran Blender 2.69
Blender adalah Sotware berbasis open source memiliki beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D. Beberapa software 3D diantaranya adalah Anime Studio, Foto Morph, Abrosoft Fanta Morp Pro, Aurora Animasi 3D Maker, Animator DV Simple, Pivot Stickfigure Animator, Monkey Jam, Stykz, Sqirlz Morph, dan Blender.Dari beberapa software open source animasi tersebut, Blender merupakan salah satu software open source yang terkemuka di dunia, blender merupakan salah satu aplikasi grafik 3 dimensi berkualitas tinggi. Aplikasi blender dapat dijalankan di system operasi windows, linux, dan macintosh.
Blender memiliki organisasi non profit yang bernama “Blender Foundation”, software berbasis open source ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial dan dirilis di bawah GPL (GNU General Public Lisence), sehingga kode sumbernya sudah tersedia dan dapat diambil oleh siapa saja.
Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, rendering, texturing dan masih banyak lagi.
Selain bisa digunakan untuk system operasi windows, linux dan mac OS, kita juga dapat mengoperasikan software blender melalui system operasi IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD. aplikasi blender ini menggunakan bahasa pemrograman Python sebagai scripting pada suatu project yang akan kita buat dengan aplikasi Blender.
Kelebihan dari software blender ini diantaranya :
  1. Open source
  2. Multi platform
  3. Update
  4. Free (gratis)
  5. Ringan dan sederhana
   TOOLS PADA BLENDER
Setelah kita membahas tentang penjelasan blender dan sekarang kita masuk pada pembahasan toolsnya. Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
1. Modeling
Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D
2. UV Mapping
Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing
Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.
4. Rigging
Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning
Adalah pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi
Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle
Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model.
Dan untuk simulasi tedapat:
a)    Scripting
b)   Rendering
c)    Compositing
d)   Post production
e)   Game creation.

  2.3 Implementasi
Implementasi program kali ini yaitu dengan membuat animasi 3d interaktif dengan memanfaatkan aplikasi blender

  2.4 Rancangan program

aplikasi blender ini menggunakan bahasa pemrograman Python sebagai scripting pada suatu project yang akan kita buat dengan aplikasi Blender
Program ini sangat cocok untuk pembuat film, game, arsitektur, ilustrator, dan masih banyak lagi karena Blender mempunyai fitur yang sangat lengkap. Mulai dari modeling hingga rendering. Sebenarnya, dalam produksi dibutuhkan beberapa package, yaitu modeling, tekstur, animasi dan kompusiting.
Adapun Cara untuk membuat animasi 3d dengan menggunakan aplikasi blender
1.Pertama buat objek dengan menggunakan blender seperti pada gambar.  
2.Selanjutnya kita aktifkan auto ik agar kita dapat merotasi bagi tangan maupun kaki agar mempermudahkan kita bergerak
3.Setelah itu kita pilih default klik animation selanjutnya klik automatic keyframe insertion pilih locrotscale
4.Kemudian kita tekan numpad 3  menjadi posisi right ortho untuk mengatur kamera aga kita lebih mudah membuat gerakanya
5.Setelah itu kita buat pose dengan mengklik salah satu  kaki kemudian gerakan kaki kiri kebelakang dan kaki kanan kedepan
6.Kemudian kita rotasi kaki belakang dengan menekan keyword r dan naikan sedikit,lakukan hal yang sama dibagian depan kaki
7.Kemudian atur bagian kepala dikeataskan badan ditegak kan karena proses berjalan merupakan memindahan berat jadi kedua kaki tadi akan Manahan berat yang diatasnya
8.Karna kaki bagian kiri yang membentuk siku jadi kita posisikan badan sedikit miring ke kiri
9.Setelah badan sudah miring ke kiri otomatis bagian atas akan mencari keseimbangan jadi kita miringkan kea arah berlawanan
10.Kemudian fungsi tangan adalah untuk menyeimbangkan saat berjalan jadi kita pilih tangan kanan ke depan karna kaki yang kedepan tadi kaki kanan
11.Selanjutnya kita naikan tangan kiri seperti mengenggam dengan cara klik kanan block semua jari klik s masukan 0,5 kemudian rotasi dengan cara klik r
12.Lakukan juga pada bagian kepala jadi kepala seperti melihat kekiri dan kenanan
13.Kemudikan posisi badan sedikit dimiringkan tekan r kemudian z dan kepala
14.Selanjutnya kita masukan mulai frame 0 dan batasan frame 72
15.Kemudian copy gerakan kaki dan kepala selanjutnya arahakan ke 72 dan klik paste lagi
16.Maka kita akan punya titik awal dan akhir yang sama
17.Kemudian tekan a dan selanjutnya tekan r pilih extream ini dugunakan untuk memberikan warna jadi kita dapat membedakan
18.Setelah sudah kita tentukan timingnya kemudian kita tentukan 1 sampai 20  kita ambil sepuluh itu adalah gerakanan kaki kanan mundur dan kaki kiri maju
19.Kemudian klik alt+r untuk mengembalikan kaki jadi kaki nanti akan turun,kemudian tekan tumit juga dan klik alt+r
20.Setelah selesai di bagian kaki kita lanjut ke bagian tangan klik r dan gerakan tangan kanan kebelakang dan tangan kiri menggenggam
21.Lakukan hal yang sama seperti pada kaki tadi namun kali ini dilakukan pada bagian kepala tekan crtl 3 agar berbalik arah setelah seperti itu tekan r di bagian kepala posisikan kekanan,setelah itu kita play

BAB 3
KESIMPULAN
Pada pembuatan animasi 3D interaktif dengan menggunakan aplikasi blender.Aplikasi blender ini menggunakan bahasa pemrograman Python sebagai scripting pada suatu project yang akan kita buat dengan aplikasi Blender.Program ini sangat cocok untuk pembuatan anime,game,arsitekture dll.karna dalam aplikasi blender banyak tools yang dapat membantu kita dalam pembuatan objek 3D seperti Modeling ini digunakan untuk pembuatan objek awal 3D, UV Mapping untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya,Animasi untuk pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
Pada gerakan animasi saya yang dikerjakan di aplikasi blender saya membuat gerakan kaki berjalan,tangan menggenggam dan kepala menengok kekiri dan kenanan dengan menggunakan tools animasi di blender



TAMPILAN OUTPUT 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar